Skip to main content

USB OTG : Cara Menggunakan Flashdisk di Ponsel Android

Image result for android plug in otg
Android USB OTG PLUG IN Gambar 1.0 Dari Google
USB On  The Go (OTG) adalah kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file (baca, edit, transfer file). Mungkin karena karena bisa dilakukan di perangkat mobile, makanya dinamakan On-The-Go atau kalau diterjemahkan artinya: dimana saja. Fitur ini pertama kali saya ketahui ada di ponsel Symbian buatan Nokia (tipe N8 kalau tidak salah) yang menurut saya keren banget kala itu. Namun untuk saat ini sudah banyak ponsel maupun tablet Android yang memiliki fitur USB OTG.
Untuk dapat membaca USB flash disk Anda membutuhkan hal sebagai berikut:
  • Ponsel atau Tablet yang support USB OTG
  • Kabel USB OTG
  • Aplikasi File Manager (biasanya terinstall ada di hp atau tablet)
Berikut cara menggunakan USB On The Go pada ponsel atau tablet Android:

Langkah 1: Pastikan ponsel atau tablet Anda mendukung fitur USB OTG

Untuk mengetahuinya Anda bisa menanyakan kepada orang yang sudah pernah pakai perangkat tersebut atau bisa juga lihat keterangan di box smartphone Anda.
Image result for kabel otg
USB OTG Gambar 2.0 Dari Google

Langkah 2: Beli kabel USB OTG

Kabel USB On The Go bisa dibeli di toko komputer atau di toko aksesoris ponsel. Harganya kisaran 50 ribu Rupiah, bisa lebih mahal bisa lebih murah tergantung tempat belinya :D Harap perhatikan tipe colokan ponsel Anda, jangan salah beli atau bawa ponsel atau tabletnya untuk dites langsung.




Langkah 3 : Hubungkan USB Flash Disk ke Ponsel / tablet via Kabel USB OTG
Anda tinggal colok langsung flash disk ke ponsel dengan perantara kabel OTG, fotonya seperti dibawah:
Image result for kabel otg plug in android
OTG PLUG IN ANDROID Gambar 3.0 Dari Google


Langkah 4: Akses gunakan aplikasi file manager

Untuk dapat membuka file, copy paste file, edit file yang ada di flash disk, Anda bisa mengunakan aplikasi file manager. Biasanya aplikasi ini sudah ada atau sudah terinstall di ponsel.

Langkah 5 : Setelah selesai, jangan asal cabut flashdisk

Untuk mencegah kerusakan flashdisk, jangan sembarang cabut media storage, apalagi saat proses transfer berlangsung. Untuk mencabutnya lakukan hal berikut:
  • Masuk ke Settings / Pengaturan ponsel
  • Klik Storage / Penyimpanan
  • Pada bagian USB Storage, klik Unmount External Storage / Lepas Penyimpanan Luar

Comments

Popular posts from this blog

GCAM ( Google Camera ) : Apa sih kelebihannya ?

Google Camera 1.0 Dari Google Di artikel ini saya akan membahas tentang apa sih kelebihan GCAM sebenarnya? pertama, kita akan mengenali dahulu apa itu GCAM. GCAM adalah sebuah software atau aplikasi yang diciptakan oleh perusahaan Google untuk smartphone keluarannya yaitu Google Pixel. Namun, setelah banyak developer yang melakukan porting terhadap aplikasi ini dan di uji coba kan pada smartphone android lainnya, hasilnya sangat memuaskan. Dan sekarang saya akan membahas tentang kelebihan dari GCAM : Mode Night Sight 2.0 Dari Google Terdapat Mode Night Sight di aplikasi Google camera yang membantu mengatur satruasi dan penerangan cahaya yang didapat oleh kamera smartphone dalam memotret, sehingga hasilnya sangat terang seperti menggunakan flash dan warnanya sangat mencolok. Menu Slow Motion 3.0 Dari Google Terdapat Slow Motion di aplikasi Google camera yang membuat gerakan didalam video menjadi lambat dan lebih stabil daripada camera bawaan. EIS 4.

Apa itu Unlock Bootloader? Berikut adalah Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Bagi yang sudah ngeroot hp melalui pc, dan memasang custom recovery, pasti tidak akan asing mendengar kata Bootloader. Pasti sobat juga pernah bertanya-tanya tentang apasih sebenarnya bootloader itu, dan kenapa bisa berhubungan dengan root, oprek, dan semacamnya kan ???. Nah, maka dari itu, kali ini saya akan coba jabarkan mengenai bootloader, supaya sobat bisa makin mengerti. Berikut Pengertian Bootloader di Hp Android Jadi yang namanya  bootlooader  itu adalah sebuah program yang mampu memberikan aksesibilitas untuk memodifikasi sistem, memverfikasi intergritas OS, menyediakan media untuk mengupdate perangkat, serta sebuah program yang berfungsi untuk memuat OS ketika hp dalam proses booting. Jadi secara tidak langsung bootloader itu berhubungan juga ke dalam sistem operasi sob, jadi bootloader itu memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah hp, nah selain itu bootloader itu memiliki 2 keadaan sob, yaitu locked (terkunci), dan unlocked (terbuka). 1. Pe

TWRP Pitch Black : Cara Menghindari BOOTLOOP XIAOMI ARB 4 Ke ARB 3 (Downgrade)

TWRP Pitch Black : Cara Menghindari BOOTLOOP ARB 4 Ke ARB 3 (Downgrade) TWRP Pitch Black adalah sebuah TWRP UNOFFICIAL yang berarti TWRP ini bukan diciptakan oleh pihak XIAOMI. Apa itu ARB? ARB adalah sebuah singkatan dari Anti Rollback, akan saya beri suatu contoh yaitu dimana kita memiliki smartphone XIAOMI yang memiliki Operating System PIE (9) dan berada pada ARB 4 ( Angka 4 berujuk kepada tingkatan anti rollback) ketika kita melakukan flashing atau installing Cusrom maupun Rom Official dengan tingkatan anti rollback 3 (ARB 3) maka smartphone kita akan mati total, bahkan yang lebih parah apabila TWRP kita hilang maka dibutuhkan suatu alat ( Saya lupa namanya ) dan harganya juga tidak murah, prosesnya request ke server XIAOMI untuk UBL ( Unlock Boot Loader ) juga lama sekitar 1 bulan.  TWRP Pitch Black ini diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga kita bisa melakukan perubahan pada CUSROM sepuasnya tanpa harus memikirkan penyakit ARB ini. Cara